Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Profil Wanita Pekerja Malam dan Upaya Mengatasi Kemiskinan serta Mesin ATM Gedor

Profil Wanita Pekerja Malam dan Upaya Mengatasi Kemiskinan serta Mesin ATM Gedor

Profil Wanita Pekerja Malam dan Upaya Mengatasi Kemiskinan serta Mesin ATM Gedor




KAWACA.COM | 
Salah satu fakta menarik dari Prof. Agus Suradika yang dibacakan moderator, Sofyan RH. Zaid, dalam Acara Bedah Buku Antologi Puisi Penyair Nusantara Jakarta dan Betawi 3: Titimangsa Lahirnya Peradaban Bangsa (12/08/2022), beliau pernah membuat penelitian unik dengan judul "Profil Wanita Pekerja Malam dan Upaya Mengatasi Kemiskinan" yang dimuat Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Madani, Februari 2006. 

Tanpa diduga, beliau masih ingat soal itu dan langsung merseponsnya; "Itu penelitian yang bisa dibilang paling mendebarkan," ucapanya di paparan awal sebagai salah seorang narasumber pada acara tersebut.

"Pada penelitian itu, saya harus banyak berbohong pada istri ketika pulang malam dari lokasi untuk proses penelitian. Saya bilangnya, baru habis rapat dari kantor Muhammadiyah," lebih lanjut. Sontak ruangan aula PDS. H.B. Jassin jadi penuh gelak tawa.

Tak berhenti sampai di situ, "Namun, sebelum sampai rumah, saya mampir dulu ke ATM terdekat, ambil uang satu juta dan saya masukkan amplop untuk disodorkan pada istri dengan berujar 'Ma, ini uang dari rapat tadi....'". Gelak tawa kembali gemuruh lebih keras.

Sebagai orang Betawi assshli, beliau sama seperti orang Betawi pada umumnya, di mana beliau punya kontrakan sampai 30 pintu. Kontrakan yang dalam istilah beliau sebagai 'mesin ATM gedor'. 

"Mesin ATM biasa, kita masukkan  kartu, lalu keluar uang. Kalau ini, tanpa kartu, cukup pakai tangan, kita gedor, lalu keluar uang. Haha"

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.