Live KAWACA TV
Tonton
wb_sunny

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

oleh Muhammad Habibi Ritonga*

Alhamdulillah, saat ini kita dipertemukan lagi dan diizinkan Allah SWT untuk berjumpa dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, bulan yang paling mulia dari bulan-bulan lainnya, bulan yang didalamnya penuh dengan ampunan Allah SWT. Tidak semua orang diberi umur panjang, kesehatan, dan hidayah untuk dapat bertemu kembali dengan bulan yang penuh berkah ini. Ibarat perjalanan panjang, perlu persiapan dan bekal untuk menghadapinya.


Berikut ini kita akan membahas sedikit tentang persiapan dalam menghadapi bulan Ramadhan ini, yaitu persiapan niat, doa, dan ilmu. Persiapan dari segala persiapan adalah niat. Karena itu, niatkan puasa ini hanya karena Allah SWT. Sekali lagi, ibadah puasa kita harus ditujukan hanya untuk Allah SWT. Bukan untuk diet, bukan untuk mendapatkan penghargaan manusia, serta bukan untuk dipuji semata. Puasa yang kita lakukan haruslah murni karena Allah Ta'ala.


Ramadhan, Bulan Penuh Keberkahan


Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan bulan hijriah. Bulan ini sangatlah istimewa bagi ummat Islam, karena terdapat banyak keutamaan didalamnya. Ibarat seorang petani, bulan Ramadhan adalah waktu panen raya baginya. Bulan Ramadhan diibaratkan panen raya, disebabkan bulan ini merupakan waktu dimana berbagai amal kebaikan dilipat gandakan, pahalanya jauh melebihi waktu-waktu diluar bulan Ramadhan, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Huzaimah dari Salman Al-Farisi ra. bahwa Rasulullah saw. memberi khutbah kepada kami di hari akhir dari bulan Sya'ban dan bersabda : “Hai sekalian manusia akan datang bulan yang agung (Ramadhan) yaitu bulan yang penuh berkah di dalamnya. Dalam bulan itu ada malam yang mulia (lailatul qadr)yang lebih utama dari pada seribu bulan. Allah telah mewajibkan puasa di bulan itu, dan shalat tarawih di malamnya sebagai ibadah sunah. 


Barang siapa yang melakukan kebaikan (ibadah sunah) di bulan itu pahalanya seperti melakukan ibadah wajib dibanding bulan yang lainnya. Dan barangsiapa melakukan kewajiban di dalamnya, maka pahalanya seperti melakukan 70 kewajiban dibanding bulan lainnya. Bulan Ramadhan adalah bulan ditambahnya rizki orang mukmin, bulan di awalnya menjadi rahmat, di tengahnya menjadi ampunan dan di akhirnya merupakan kebebasan dari neraka.(HR. Ibnu Huzaimah).


Subhanallah, betapa mulianya bulan yang penuh berkah ini. Saking mulianya bulan Ramadhan ini, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda

: “Seandainya umatku mengerti kebaikan-kebaikan yang ada di bulan ini (Ramadhan), niscaya umatku mengharapkan dalam setahun menjadi Ramadhan semuanya.” (HR. Ath-Thabrani).

Dari sini kita dapat melihat betapa agung dan mulianya bulan suci Ramadhan ini, dan betapa ruginya orang-orang yang menyia-nyiakan bulan suci ini. Tetapi juga Rasulullah mengingatkan kepada kita, betapa banyak orang berpuasa hanya mendapatkan rasa haus dan lapar saja, karena melakukan hal-hal yang membatalkan puasa ataupun tidak sanggup menjaga hawa nafsunya. Naudzubillahi min Dzalik.


Sesungguhnya di bulan Ramadhan yang penuh barakah ini terdapat beberapa keutamaan, di antaranya ialah :


1. Bulan diturunkannya Al-Qur'an


Di bulan yang penuh berkah ini Allah ta'ala menurunkan Al-Qur'an yang mulia sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia. Allah ta'ala berfirman: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa…” (QS. Al-Baqarah:

185)

2.  Bulan  dimana  Syaithan-syaithan  dibelenggu, pintu Neraka ditutup dan pintu Surga dibuka.


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda ; “Apabila bulan Ramadhan datang, maka seluruh pintu surga dibuka dan seluruh pintu neraka ditutup, dan syaitan- syaitan dibelenggu.” (HR. Bukhari).


3. Bulan yang terdapat didalamnya Malam Lailatul Qadar (malam yang sangat mulia).


Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan, Allah ta'ala berfirman : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al- Qadr: 1-5)


4. Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa.


Dari Abu Hurairah r.a bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi  wa  Sallam  bersabda: 

“Barangsiapa  yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan   diampuni   dosa-dosanya   yang   lalu.”   (HR. Bukhari).

5.  Bulan Dilipatgandakanya amal sholeh.


“Khutbah Rasululah SAW pada akhir bulan Sya`ban. “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa, qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barangsiapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori-Muslim).



Sungguh luar biasa keutamaan Bulan Ramadhan. Sudah sepantasnya jika kita mempersiapkan diri menyambut bulan yang agung tersebut dengan persiapan yang cukup, baik fisik, rohani, maupun ilmu, agar ibadah yang kita jalankan lebih sempurna dan mendapatkan pahala yang telah dijanjikan Allah SWT. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung.


*)Penulis adalah mahasiswa STEI Tazkia angkatan 2012 asal Medan

Tags

GRATIS BERLANGGANAN

Dengan berlangganan, kamu tidak akan ketinggalan postingan terbaru Kawaca setiap harinya.