Buku: Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia karya Nurel Javissyarqi
Judul: Membongkar Mitos
Kesusastraan Indonesia
Buku Pertama: Esai-esai Pelopor Pemberontakan Sejarah Kesusastraan
Indonesia
(Edisi Revolusi dalam Kritik
Sastra)
Penulis: Nurel Javissyarqi
Penulis: Nurel Javissyarqi
Penyunting : Lathifa Akmaliyah, S.Pd. M.Pd.
Setting Layout : Daniel Paranamesa
Ilustrator Cover : Sony Prasetyotomo
Design Cover : Bung
Diterbitkan oleh PuJa : PUstaka puJAngga
d/a Jalan Raya Desa Kendal-Kemlagi,
Karanggeneng, Lamongan, Indonesia
Email: pustaka.pujangga@gmail.com
Website: http://pustakapujangga.com
Berkerjasama dengan : Arti Bumi Intaran
d/a Mangkuyudan MJ III/216 Yogyakarta
Email: artibumiintaran@gmail.com
Website: http://artibumiintaran.net
Cetakan Pertama : Desember 2017
Terbitan Pertama : 9 Januari 2018
xii+500 hlm, 15x23cm
ISBN: 978602773190
Harga: Rp. 110.000,-
WA: 085 233 316 056
Setting Layout : Daniel Paranamesa
Ilustrator Cover : Sony Prasetyotomo
Design Cover : Bung
Diterbitkan oleh PuJa : PUstaka puJAngga
d/a Jalan Raya Desa Kendal-Kemlagi,
Karanggeneng, Lamongan, Indonesia
Email: pustaka.pujangga@gmail.com
Website: http://pustakapujangga.com
Berkerjasama dengan : Arti Bumi Intaran
d/a Mangkuyudan MJ III/216 Yogyakarta
Email: artibumiintaran@gmail.com
Website: http://artibumiintaran.net
Cetakan Pertama : Desember 2017
Terbitan Pertama : 9 Januari 2018
xii+500 hlm, 15x23cm
ISBN: 978602773190
Harga: Rp. 110.000,-
WA: 085 233 316 056
“Andaikan kaum
kritikus pun para sastrawan pula MASTERA, mau menerima dengan hati jujur
terhadap teguran nyata dari Sang Maha Realitas, atas kesembronoan yang
disengajakan pada ketiga teks pidato SCB: 1. “Sajak dan Pertanggungjawaban
Penyair” mengenai Asy-Syu’ara, 2. “Sambutan Upacara Penyerahan Anugerah Sastra
Mastera,” dan ke 3. “Pidato Anugerah Sastra Dewan Kesenian Riau” pada kasus
“Kun Fayakun,” Insya Allah hikmah dari musibah itu akan terbuka lebar jalannya.
Di sana terdapat gumpalan materi padat kegagalan diri SCB sebagai sastrawan, yang
gagap meramukan konsepnya menjadi utuh, lantas mencari-cari kepurnaan lewat
ayat-ayat dari kitab suci yang disunat susunan beserta maknanya! Hebatnya lagi,
ketiganya lolos sebagai pidato bergengsi, lalu dimuat di Koran Nasional,
kemudian dibukukan, sampai kaum kritikus, para sastrawan yang biasa menulis di
koran, sudah merasa puas sebagaimana tidak pernah saya temukan sanggahan dari
mereka, mengenai tulisan-tulisan keblingertersebut.
***
… Namun alangkah sayang,
keberhasilannya yang semu menumbuhkan tekat kelewat melunjakbertingkah
‘melupa dan mengingat’ dengan sangat ugal-ugalan menyulap “Kun
Fayakun” dijelmakan (dirombaknya) membentuk kata-kata “Jadi
maka Jadilah!” dan “Jadi, lantas jadilah!” (Bukan –Pidato
Anugerah Sastra Dewan Kesenian Riau 2000- oleh SCB, yang terbit di
“Bentara” Kompas, Jumat 11 Januari 2003, dan Sambutan SCB Pada Upacara
Penyerahan Anugerah Sastra MASTERA, Bandar Seri Begawan, 14 Maret 2006)?
***
… seperti Dami N. Toda yang meski
penelitiannya belum matang kurang jeli, dan terlanjur cepat Tuhan menjemputnya.
Kata-kata ‘belum matang kurang jeli’ bisa dibaca di esainya yang bertitel
“Kesibukan Hamba-Hamba Kebudayaan” lalu sejenis esai pertaubatannya yang dimuat
Kompas 17 September 2006 yang berlabel “Pengakuan Anggota Waffen-SS,” yang
disebut juga oleh Afrizal Malna di Tempo, 20 November 2006 dengan judul
“Sejarah dalam Kulit Bawang,” dengan satu kunci perjalanan hidup sang pemenang
Nobel Sastra 1999, Günter Grass.
***
Pengabdian yang besar tidak lepas
dari hilaf dan semoga yang diungkapkan Elisa Dwi Wardani, hanyalah keterlepasan
tidak pakem masanya. Entah sehabis mendapati penghargaan, sesudah syuting baca
puisi di sebuah stasiun televisi atau TI teringat telah mengangkat begitu
banyak penyair dari majalah sastra yang dipandeganinya, SCB misalnya. Lantas
bayu bertiup kencang mengaburkan paham meninggikan derajat kepenyairannya,
sampai-sampai seolah-olah penguasa kata-kata di alam jagad raya, dengan
nada-nada:
“penyair adalah penguasa
kata-kata,” dengan menurunkan melodinya; “mungkin tidak
mengendalikan kata-kata secara otoriter, memangkas atau mencukur” namun penyair
juga “membiarkan kata-kata mengukur emosinya, dan bernikmat-nikmat dengan
kata-kata untuk mendapatkan pencerahan.”
***
Seingat saya (dalam arti semoga
kelak ada yang merevisinya), penerjemah, sastrawan, kritikus Sapardi Djoko
Damono pernah mengimbau agar karya sastra dijauhkan dari ilmu pengetahuan (“Sapardi
Djoko Damono: Jadikan Sastra sebagai Seni, Bukan Ilmu di Sekolah,” Kompas
14 Oktober 2010). Maka secara otomatis bisa dibilang menghasilkan karya klangenan, bobotnya
hanya lamunan, mentok bikin rindu tidak ketulungan pada
gergaji kepenyairannya, ini dapat dirujuk kepastiannya pada puisi-puisinya. Dan
secara terbuka saya lebih condong kepada penyair sekaligus politikus Muhammad
Iqbal pula filsuf Jacques Derrida yang dengan tegas berpendapat; “Puisi
ialah filsafat atau pun filsafat adalah sastra (puisi)” [kalau tidak
keliru pada bukunya “The Reconstruction of Religious Thought in Islam” (Iqbal),
dan “Margins of Philosophy” (Derrida)]. …
***
DAFTAR ISI:
Pengantar Penulis… v
Daftar Isi… vii
Bagian I Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia… 1
Bagian II Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan pertama dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 6
Bagian III Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kedua dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 11
Bagian IV Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ketiga dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 16
Bagian V Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keempat dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 22
Bagian VI Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kelima dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 26
Bagian VII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keenam dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 30
Bagian VIII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan pertama dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 37
Bagian IX Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kedua dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) … 42
Bagian X Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ketiga dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)…47
Bagian XI Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keempat dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …53
Bagian XII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kelima dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)…58
Bagian XIII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keenam dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) … 65
Bagian XIV Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ke nol dari sebelum paragraf ketiga, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …76
Bagian XV Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan pertama dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 122
Bagian XVI Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kedua dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)…136
Bagian XVII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ketiga dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …162
Bagian XVIII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keempat dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …186
Bagian XIX Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kelima dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …212
Bagian XX Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keenam dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)…225
Bagian XXI Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ketujuh dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 260
Bagian XXII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan pertama dari paragraf lima dan enam, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …282
Bagian XXIII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kedua dari paragraf lima dan enam, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …304
Bagian XXIV Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ke tiga dari paragraf lima dan enam, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …322
Bagian XXV Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ke empat dari paragraf lima dan enam, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)…396
Daftar Isi… vii
Bagian I Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia… 1
Bagian II Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan pertama dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 6
Bagian III Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kedua dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 11
Bagian IV Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ketiga dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 16
Bagian V Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keempat dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 22
Bagian VI Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kelima dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 26
Bagian VII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keenam dari paragraf awal, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 30
Bagian VIII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan pertama dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 37
Bagian IX Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kedua dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) … 42
Bagian X Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ketiga dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)…47
Bagian XI Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keempat dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …53
Bagian XII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kelima dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)…58
Bagian XIII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keenam dari paragraf kedua, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) … 65
Bagian XIV Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ke nol dari sebelum paragraf ketiga, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …76
Bagian XV Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan pertama dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 122
Bagian XVI Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kedua dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)…136
Bagian XVII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ketiga dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …162
Bagian XVIII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keempat dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …186
Bagian XIX Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kelima dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …212
Bagian XX Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan keenam dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)…225
Bagian XXI Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ketujuh dari paragraf tiga dan empat, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)… 260
Bagian XXII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan pertama dari paragraf lima dan enam, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …282
Bagian XXIII Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan kedua dari paragraf lima dan enam, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …304
Bagian XXIV Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ke tiga dari paragraf lima dan enam, lewat esainya Dr. Ignas Kleden) …322
Bagian XXV Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia (kupasan ke empat dari paragraf lima dan enam, lewat esainya Dr. Ignas Kleden)…396
LAMPIRAN
Puisi dan Dekonstruksi: Perihal
Sutardji Calzoum Bachri (Ignas Kleden)…. 411
KREDO PUISI (Sutardji Calzoum Bachri)…425
BUKAN-PIDATO ANUGERAH SASTRA DEWAN KESENIAN RIAU 2000 (Sutardji Calzoum Bachri) …427
Sambutan Sutardji Calzoum Bachri Pada Upacara Penyerahan Anugerah Sastra MASTERA … 429
KREDO PUISI (Sutardji Calzoum Bachri)…425
BUKAN-PIDATO ANUGERAH SASTRA DEWAN KESENIAN RIAU 2000 (Sutardji Calzoum Bachri) …427
Sambutan Sutardji Calzoum Bachri Pada Upacara Penyerahan Anugerah Sastra MASTERA … 429
Kumpulan tulisan terkait dalam
rentang penggarapan buku ini:
Membo-membo Jadi Iblis di Kediri (Nurel Javissyarqi)… 431
Pendidikan; Prospek Pembentuk Karakter Budaya (Nurel Javissyarqi)… 448
SASTRA Versi Iklan Kecap INDONESIA (Nurel Javissyarqi) …458
Kalimire’ng (Sungai Mendengar) “Burung Gagak dan kupukupu” (Nurel Javissyarqi)… 468
M. Paus (Membaca: “Pesan al-Qur’an untuk Sastrawan”) karya Aguk Irawan MN (Nurel Javissyarqi)… 476
Penyakit Banyak Bertanya, Malas Membaca, Enggan Berpikir (Nurel Javissyarqi)….485
Dan Fenomena Presiden Penyair Daerah sebagai Dagelan Populer? (Nurel Javissyarqi) … 491
BIOGRAFI PENULIS … 497
Membo-membo Jadi Iblis di Kediri (Nurel Javissyarqi)… 431
Pendidikan; Prospek Pembentuk Karakter Budaya (Nurel Javissyarqi)… 448
SASTRA Versi Iklan Kecap INDONESIA (Nurel Javissyarqi) …458
Kalimire’ng (Sungai Mendengar) “Burung Gagak dan kupukupu” (Nurel Javissyarqi)… 468
M. Paus (Membaca: “Pesan al-Qur’an untuk Sastrawan”) karya Aguk Irawan MN (Nurel Javissyarqi)… 476
Penyakit Banyak Bertanya, Malas Membaca, Enggan Berpikir (Nurel Javissyarqi)….485
Dan Fenomena Presiden Penyair Daerah sebagai Dagelan Populer? (Nurel Javissyarqi) … 491
BIOGRAFI PENULIS … 497
Mari hadir untuk acara bedah bukunya:
Bedah Buku MMKI (Nurel Javissyarqi) di PDS HB Jassin
Bedah Buku MMKI (Nurel Javissyarqi) di FIB Universitas Indonesia